Sabtu, 13 April 2013

SEJARAH DAN PERISTIWA

"Black Death" Nenek Moyang Wabah Penyakit Modern

 

 Wabah Black Death yang membunuh setengah dari total populasi warga Eropa pada pertengahan abad ke-14 dinilai sebagai "nenek moyang" dari wabah-wabah penyakit modern. Penyelidikan terhadap penyakit mematikan itupun masih belum usai.

Banyak pakar kesehatan yakin, bakteri jahat dalam wabah Black Death adalah Yersinia Pestis. Wabah itu menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan pes, namun pada saat itu, penyakit tersebut menewaskan jutaan warga.

Ilmuwan-ilmuwan mulai meneliti DNA dari korban yang dikubur di London pada tahun 1348 silam itu. Mereka pun berpendapat, seluruh wabah penyakit modern yang muncul pada saat ini berasal dari evolusi penyakit kuno itu.

"Data yang kami kumpulkan dari makalah-makalah ini menunjukan sesuatu yang memukau tentang asal muasal penyakit itu (Black Death). Data ini menunjukan bahwa penyakit abad pertengahan 1348 di London adalah nenek moyang dari semua penyakit modern yang ada di dunia ini," ujar seorang pakar genetika Universitas Kanada, Hendrik Poinar, dalam History.com, Jumat (12/4/2013).

"Ini artinya, wabah penyakit yang muncul di India, Afrika, Colorado berasal dari penyakit yang muncul di London pada 1348, Black Death," tegasnya.

Seperti diketahui, wabah Black Death menyebar dengan sangat cepat. Beberapa masalah yang muncul di kalangan warga pada abad pertengahan antara lain adalah rendahnya tingkat kebersihan, malnutrisi, dan kerendahan daya tahan tubuh.

Barney Sloane, arkeolog yang menulis buku tenang Black Death mengatakan bahwa ada bukti Yersinia Pestis menyebabkan wabah mematikan di Eropa, namun tidak ada konfirmasi yang jelas mengenai hal itu. Sloane menilai, bakteri-bakteri lain telah merusak tulang-belulang korban Black Death yang dikubur sebelum tahun 1340an. Sloane berasumsi, Yersinia Pestis mungkin ada, namun bakteri itu bukan penyebab utama dari Black death.

Sumber :http://international.okezone.com/read/2013/04/11/414/790016/black-death-nenek-moyang-wabah-penyakit-modern 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar